Sunday 27 April 2014

Pengalaman RIKMIN Masuk Polisi

Hai kalian, kali ini saya bakal ceritain pengalaman saya saat saya mengikuti seleksi brigadir polri t.a 2014. Oke langsung aja yaaa. Rikmin, rikmin itu Pemeriksaan Administrasi yang dilakukan oleh panitia polrestabes setempat untuk penerimaan polisi. Ga cuma untuk seleksi brigadir polisi sih, AKPOL, AKMIL, BINTARA AD/AU/AL dll juga pasti ada rikmin awal. Waktu saya ikutan seleksi yang dibutuhkan adalah :

  1. FC Legalisir Akta Kelahiran + Asli
  2. FC Legalisir KK + Asli
  3. FC Legalisir KTP + Asli
  4. FC Legaisir + Asli Surat Keterangan Sehat dari instansi pemerintahan (puskesmas, dinas kesehatan atau RSUD setempat)
  5. FC Legalisir + Asli Surat Keterangan Bebas Narkoba dari instansi pemerintahan (waktu itu saya buat nya di Dinas Kesehatan setempat, biaya nya cukup mahal tapi ini paling murah di Kota Bandung, yaitu biaya nya 125.000, kalau di RSUD Hasan Sadaikin bisa sampai 180.000)
  6. FC Legalisir Ijazah dan SKHUN SD, SMP, SMA + Asli
  7. FC Buku Rapor Legalisir SD, SMP, SMA + Asli
  8. FC + Legalisir SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) kalau kalian belum tau, ini baca di post saya sebelum nya >Cara Membuat SKCK<
  9. Kalau kalian masih kelas XII (dua belas) kamu pasti bakal butuh surat keterangan dai kepala sekolah kalau kalian masih duduk di kelas XII.
Kurang lebih itu dokumen yang di butuhkan, saya ingetin ya kalau kalian legalisir jangan cuma selembar, 10 lembar sekalian kalau bisa, soalnya nanti di akhir kalian bakal di minta 5 rangkap di loket akhir, biar nanti kalian gausah bulak-balik untuk legalisir. Oke mungkin cuma ini yang saya bisa sampaikan saat saya pengalaman RIKMIN seleksi Brigadir Polri. Kalau ada yang ditanyakan silahkan tanya di kotak komentar dibawah ya guys hehehehe.

1 comment:

  1. Hai kak izin bertanya.. buku rapor legalis itu semua semester dilegalis sampe 5 rangkap kah? Terima kasih

    ReplyDelete